Kamis, 11 Desember 2008

JAWABAN SOAL B “ME AND TECHNO”



Salah satu jenis ICT yang sering kami gunakan adalah HP karena HP sekarang sudah merupakan kebutuhan primer yang setiap orang pasti perlukan. Dengan HP yang mudah dibawa ke mana-mana, hampir semua aktivitas komunikasi terpenuhi misalnya seperti telepon, sms, fasilitas internet (email, FS, chatting,dll), video call, 3G, Bluetooth, GPRS, kamera & video, dll. Komunikasi manusia jadi tidak terbatas oleh jarak & waktu lagi, semuanya jadi lebih mudah, praktis & efisien.
Menurut kami HP merupakan salah satu ICT yang paling bisa dihandalkan karena hampir semua orang bisa mempunyai HP & menggunakan HP. Ukurannya yang praktis & mudah dibawa ke mana-mana serta penggunaannya yang mudah untuk dipelajari membuat semua orang tertarik untuk menggunakannya ditambah lagi dengan kecanggihan multifungsinya yang banyak membantu kelancaran komunikasi & kinerja manusia, menambah poin plus untuk ICT ini.
Sekilas mengenai ICT, ICT (Information and Communication Technology) merupakan sebuah produk yang menyimpan, menerima, mentransmit atau mengirimkan informasi secara elektronik dalam sebuah form digital (digitalisasi). Contohnya saja yang paling simpel adalah komputer, HP, TV digital, email, robots, dll.
Segala kecanggihan teknologi yang ada tersebut difungsikan sebagai media penghubung komunikasi jarak jauh karena pada hakikatnya ICT adalah media-media yang mengutamakan interaktivitas digitalisasi serta time & space sebagai acuan paling utama (durability, langetivity, speed/real time).
ICT juga bisa merupakan suatu teknologi & konvergensi media (media yang bergabung seperti contoh produknya, HP, Internet, TV Mobile, Gadget, dll). Dengan adanya ICT yang kebanyakan adalah sebuah teknologi digital sehingga dapat membantu semua permasalahan setiap orang, baik dalam bisnis, studi, dll yang membutuhkan banyak pencarian informasi. Di mana konvergensi media (Media Convergence) yang menurut Pavlik (2004) merupakan penggabungan dari sistem komputerisasi, telekomunikasi & media digital yang tentunya sudah sangat jelas sekali bertujuan utama sebagai sarana komunikasi yang tidak terbatas oleh ruang & waktu sebagai tanggapan dari era globalisasi yaitu era tanpa batas.
Jadi sudah pasti ICT sangat dibutuhkan oleh banyak orang & tentunya telah menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari kehidupan era global saat ini terutama sangat berguna digunakan dalam kegiatan pembelajaran sebagai kesiapan tiap SDM menghadapi kemajuan era globalisasi. Sehingga bisa disimpulkan tujuan ICT antara lain untuk mengembangkan kemampuan berpikir tingkat tinggi tiap individu; untuk mengembangkan keterampilan dalam bidang teknologi informasi dan komunikasi (ICT literacy) itu sendiri dan untuk meningkatkan efektifitas, efisiensi dan kemenarikan kecanggihan teknologi yang ada.
Sumber : www.ebay.com

Created by :
Ria Oktavia (51407082)

1 komentar:

Stop_Gaptek mengatakan...

Good job^^
banyak masyarakat harus mempunyai pikiran yang terbuka dan menggunakan TI sebaik mungkin